Kamis, 29 Desember 2016

Teori Atom John Dalton


John Dalton (1808)
Menurut Dalton, atom adalah bagian terkecil dari suatu zat yang tidak dapat dibagi lagi dan berbentuk seperti bola pejal yang tidak berongga. Teori atom Dalton didasarkan pada dua hukum, yaitu hukum susunan tetap (prouts) dan hukum kekekalan massa (Lavoisier) :

- Lavoisier = Massa total zat sebelum reaksi selalu sama dengan total zat hasil reaksi.

- Prouts = Perbandingan suatu massa unsur dalam suatu senyawa akan selalu tetap.

Berikut contoh model Atom Dalton :


Pendapat Atom Dalton :
1. Atom adalah bagian terkecil dari materi yang tidak dapat dibagi lagi.
2. Atom telah digambarkan sebagai bola pejal yang sangat kecil, sebuah unsur mempunyai atom yang identik dan berbeda untuk unsur yang berbeda.
3. Atom bergabung membentuk senyawa dengan perbandingan sederhana dan bilangan bulat. Seperti air dari atom Hidrogen dan Oksigen.
4. Reaksi kimia adalah penggabungan/pemisahan/penyusun dan kembali dari atom, sehingga atom tidak bisa dimusnahkan/dimusnahkan.

Kelebihan Atom Dalton :
1. Dapat menjelaskan hukum kombinasi kimia.
2. Dalton merupakan orang pertama yang mengakui adanya perbedaan yang dapat diterapkan antara partikel dari suatu unsur/atom dan dari molekul/senyawa.

Kekurangan Atom Dalton :
1. Teori ini telah gagal menjelaskan adanya keberadaan alotrop. Perbedaan sifat arang, grafit serta berlian tidak mampu dijelaskan karena ketiganya terdiri dari atom yang sama yaitu Carbon.
2. Atom dari unsur yang sama yaitu sama dalam segala hal. Pernyataan ini salah, karena atom dari unsur yang berbeda memiliki nomor massa yang berbeda disebut isotop
37Cl → 35Cl
3. John Dalton mengatakan atom elemen yang berbeda. Hal ini terbukti salah dalam kasus tertentu.
4. Atom unsur yang berbeda telah bergabung dengan rasio nomor sederhana untuk membentuk senyawa . Ini tidak terlihat pada senyawa kompleks misalnya Gula (C12H22O11)

Sekian tentang teori atom dalton. Silahkan komentar dibawah, jika ada kekurangan dari saya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar